• Karnaval Agustus 2015_1
  • Karnaval Agustus 2015_2
  • Karnaval Agustus 2015_3
  • Karnaval Agustus 2015_4
  • Karnaval Agustus 2015_5
  • Karnaval Agustus 2015_6
  • Karnaval Agustus 2015_7
  • Karnaval Agustus 2015_8
  • Karnaval Agustus 2015_9
1 2 3 4
Login Form



Video Conference Rakor Progres Pelaksanaan Program BBM 1 Harga Tahun 2020

Waingapu - Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Progress Pelaksanaan Program BBM satu harga tahun 2020 melalui video conference yang dilaksanakan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Kamis (16/7/2020) Di Rumah Jabatan Bupati. Rapat koordinasi yang dilaksanakan ini, dibuka dan yang dimoderatori oleh BPH Migas, Drs. Heribertus Joko Kristadi, M.Si yang menjelaskan bahwa Program BBM satu Harga merupakan program pemerintah untuk menyamakan harga jual BBM diwilayah 3T yaitu daerah - daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal dengan harga yang ada di SPBU. Hal ini sesuai dengan dasar hukum pelaksanaan BBM 1 Harga, yaitu Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014, Peraturan Menteri ESDM No 36 Tahun 2016, SK Dirjen Migas 0008.K/15/DJM.O/2020 dan SK Kepala BPH Migas Nomor 01/P3JBT-P3JBKP.

Rapat koordinasi ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan memberikan laporan tindak lanjut progress pelaksanaan program BBM 1 harga tahun 2020 terkait dengan kendala dan masalah yang dihadapi pada saat proses persiapan dan pelaksaanaan kegiatan ini seperti praktek percaloan serta proses perijinan yang menjadi masalah umum yang sering dihadapi pada proses pelaksanaan kegiatan.

Pada kesempatan ini Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si memberkan apresiasi yang tinggi kepada PT. Pertamina dan BPH Migas atas kegiatan yang dilaksanakan dalam memantau progress pelaksanaan BBM 1 Harga.

Beliau mengatakan untuk Sumba Timur, yang menjadi Mitra, pada bulan mei 2020 ijin prinsip telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk Mitra dan mitra telah datang ke lokasi untuk bernegosiasi dengan pemilik tanah yang akan menjadi tempat penyalur BBM 1 harga dan sampai saat ini belum konfirmasi lagi ke Pemerintah Kabupaten Sumba timur terkait hal ini. Setelah mendapat penjelasan dari Bupati Sumba Timur pada saat yang sama PT.Pertamina dalam hal ini diwakili oleh regional yang membawahi propinsi NTT langsung mengecek dan mengkonfirmasi serta menjelaskan bahwa untuk mitra dikabupaten sumba timur, statusnya sudah dalam tahap pengiriman material untuk pembangunan kelengkapan kantornya, dan untuk lokasi mitra, tanahnya sudah sesuai lokasi kecamatan dengan yang di applied diaplikasi BBM 1 harga serta untuk pemilik tanah dan calon pengusaha sudah tidak ada masalah karena telah ada bukti bjp, dengan demikian sudah tidak ada masalah dengan calon mitra yang adan menjadi mitra Pertamina dalam program BBM 1 harga ini. Dari penjelasan ini Bupati Sumba Timur, Drs. Gideon Mbiljora, M.Si berterimakasih karena proses sebenarnya telah dilaksanakan oleh Mitra dan Pertamina hanya belum dilaporkan ke pemerintah kabupaten terkait progress pelaksanaan kegiatannya dan beliau menambahkan agar proses pelaksanaan dipercepat terkait kebutuhan masyarakat di lokasi tempat direncanakan pembangunan tempat mitra program BBM 1 harga, hal ini dimaksudkan untuk menjaga harga BBM untuk tetap stabil.

Program BBM 1 harga telah dimulai sejak 2017, hingga tahun 2019 telah terealisasi sebanyak 170 titik penyalur dengan penugasan kepada PT. Pertamina (Persero) sebanyak 160 titik penyalur dan PT. AKR Corporindo Tbk. sebanyak 10 titik penyalur.

Program BBM 1 Harga yang ditujukan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya keadilan dibidang energi akan dilanjutkan sebanyak 330 titik penyalur lagi hingga tahun 2024 sehingga akan ada 500 titik penyalur BBM 1 harga hingga tahun 2024 dan target tahun 2020 sebanyak 83 titik penyalur.(dd)

 

Menteri PPPA RI melakukan Kunjungan Kerja Di Sumba Timur

Waingapu - Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si bersama para pimpinan perangkat daerah  dan FORKOPIMDA KABUPATEN Sumba Timur menerima kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Menteri PPPA RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga dalam melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumba Timur bersama para Deputi dalam lingkup Kementerian PPPA RI di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Timur Kamis 02 Juli 2020.

Kehadiran Menteri PPPA RI di Waingapu dalam rangka menyaksikan dan Menandatangani Nota Kesepahaman dan Deklarasi Gerakan bersama Pelindungan Perempuan dan Anak di Pulau Sumba antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Daerah sedaratan Sumba.

Selengkapnya...

 

Menteri PPPA Ri Dukung Penurunan Angka Stunting Di Sumba Timur

Waingapu - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Menteri PPPA RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumba Timur berkesempatan hadir dalam kegiatan rembuk stunting online yang dilaksanakan oleh Bappeda dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur.

Turut hadir mendampingi Menteri PPPA RI, Wakil Gubernur Provinsi NTT, Drs. Josef Nai Soi, MM, Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si, Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, Para Bupati Sedaratan Sumba bersama Forkopimda serta para Deputi lingkup Kementerian PPPA RI kamis (2/7/2020) Di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi.

Selengkapnya...