Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sumba Timur dr. Matius Kitu, Sp.B di Ruang Serba Guna Kecamatan Pandawai pada tanggal 08 Januari 2013. Turut hadir dalam acara  tersebut Pimpinan SKPD, Kepala PT. Pos Waingapu, Camat dan unsur pimpinan Kecamatan Pandawai serta para penerima bantuan PKH.


Wakil Bupati Sumba Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa kepedulian Pemerintah kepada masyarakat miskin terutama Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) direalisasikan dalam bentuk bantuan tunai Program Keluarga Harapan melalui Dinas Sosial. Wakil Bupati berharap dengan bantuan ini keluarga sangat miskin penerima bantuan dapat hidup lebih baik atau kesejahteraan ibu dapat terjamin dalam bidang kesehatan terutama pemberian asupan gizi ibu hamil. Selain itu juga agar dapat menyekolahkan anak minimal program wajib belajar 9 tahun. Beliau juga  menghimbau kiranya bantuan ini dapat tepat sasaran dan penerima bantuan mampu memaksimalkan penggunaan bantuan hanya untuk menyejahterakan ibu dan anak bukan untuk kebutuhan lainnya. Kunci keberhasilan dalam keluarga adalah selalu mengucap syukur dengan terus berdoa dan membaca Alkitab serta selalu mendekatkan diri pada Tuhan dalam segala perkara.
Ketua UPPKH, Ir. Pura Tanya dalam laporannya mengatakan, bantuan tunai  PKH mengalokasikan dana pada tahun 2012 oleh Kementerian Sosial RI di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 4.102 RTSM dengan rincian, jumlah ibu hamil 533 orang, balita 4.510 orang, siswa SD 6.808 orang, siswa SMP 1.578 orang, yang dialokasikan untuk 12 Kecamatan. Pembayaran pertama Tahun Anggaran 2012 oleh PT. Pos Waingapu dilakukan di masing–masing kecamatan selama 1 minggu sejak hari Senin, 7 Januari 2013 hingga Sabtu, 12 Januari 2013 dengan total dana Rp. 1.707.500.000;