Wakil Bupati Sumba Timur, dr. Matius Kitu, Sp.B. pada tanggal 5 Juli 2013 membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Sensus Barang Milik Daerah  di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi.

Wakil Bupati menyatakan bahwa Bimtek  ini merupakan salah satu tahapan Sensus yang bertujuan untuk meminimalisir segala kelemahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan sensus di lapangan. Disamping itu dapat dijadikan semangat dan motivasi dalam pengelolaan aset daerah, serta dapat meningkatkan komitmen untuk mewujudkan pengelolaan barang daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Hal tersebut pada akhirnya meningkatkan kinerja masing-masing SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Timur sebagai pengguna barang, untuk menunjang keberhasilan proses pembangunan serta penerapan good governance di Kabupaten Sumba Timur.
Melalui kesempatan tersebut Wakil Bupati berharap para narasumber dapat memberikan pembinaan dan pembekalan teknis agar peserta Bimtek dapat memahami dan mengerti proses serta tahapan-tahapan pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah Tahun 2013. Kepada para peserta Bimtek beliau berpesan agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius sehingga pada saat pelaksanaan Sensus Barang nantinya, segenap Aparatur Pengelola Barang Milik Daerah dapat melakukan penelusuran, pendaftaran dan pencatatan aset dengan benar dan handal. Sehingga dapat memperoleh data kekayaan daerah yang akurat dan mutakhir yang akan dijadikan acuan dalam penyesuaian neraca pemerintah daerah. Beliau juga meminta kepada seluruh elemen yang berada di jajaran dan lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk secara serius, seksama dan cermat serta memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan pengelolaan dan  pendataan aset secara transparan dan akuntabel.


Menurut Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumba Timur sebagai penyelenggara Bimtek, menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya Bimbingan Teknis ini adalah meningkatkan pemahaman aparat pengelolaan barang milik daerah terhadap proses, tahapan dan pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah tahun 2013 serta meminimalisir kelemahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan Barang Milik Daerah tahun 2013. Bimtek dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 5 sampai dengan 6 Juli 2013 dengan peserta sebanyak 157 orang berasal dari 84 Unit Pengelola Barang/ SKPD dengan nara sumber berasal dari Dirtjen Keuangan Daerah Kemendagri, Dinas Pendapatan dan Aset Daerah Provinsi NTT dan Dinas pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumba Timur. (djo)