RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH
(RPJMD) KABUPATEN SUMBA TIMUR 2016 - 2021

Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur periode tahun 2016 – 2021 tetap dilandaskan pada motto “ MEMBANGUN DAN MELAYANI RAKYAT DENGAN TULUS”, dengan Visi yang hendak  dicapai  adalah  “TERWUJUDNYA  MASYARAKAT SUMBA TIMUR YANG MAKIN PRODUKTIF, RESPONSIF, ADIL, KREATIF, TERPADU, INOVATIF DAN SEJAHTERA (PRAKTIS)”

VISI :

  1. Produktif dalam arti bahwa setiap masyarakat dapat berkinerja tinggi  melalui  implementasi  peran,  fungsi  dan  kemampuannya yang ditunjang dengan fasilitas yang memadai dalam rangka mencapai hasil yang optimal dan berkualitas sehingga dapat menjalani kehidupan bermasyarakat secara aman, damai dan tentram di  Bumi Matawai Amahu Pada Njara Hamu.
  2. Responsif dalam arti bahwa upaya memajukan, memandirikan dan memperkuat kehidupan masyarakat dilandaskan pada kemampuan dalam memahami dan memanfaatkan peluang secara cermat, cepat, tepat  dan  optimal  menuju  kehidupan  masyarakat  yang  mandiri, maju dan sejahtera
  3. Adil, artinya  adanya  persamaan  hak  dan  kewajiban  dari  setiap masyarakat Sumba Timur baik di depan hukum maupun dalam memanfaatkan dan menikmati setiap pembangunan daerah beserta hasilnya secara berimbang, berkeadilan serta bertanggungjawab tanpa perbedaan (diskriminatif).
  4. Kreatif merupakan      kemampuan      dalam      memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki secara tepat agar dapat memanfaatkan setiap potensi daerah dan hasil pembangunan yang ada  sehingga  masyarakat  Sumba  Timur  dapat  bangkit  bersama daerah-daerah lain di Indonesia.
  5. Terpadu dalam  arti  bahwa proses  memajukan  masyarakat  dan kabupaten Sumba Timur, tetap dalam satu kesatuan yang utuh baik secara lokal, regional maupun nasional agar melalui keterpaduan tersebut  terlahir  program  dan  kegiatan  yang  benar-benar dibutuhkan  oleh  masyarakat  dan  pencapaiannya  menggunakan pola-pola kerja yang tepat sehingga menempatkan posisi Sumba Timur menjadi strategis dalam keterpaduan itu.
  6. Inovatif, yakni pemerintah dan masyarakat  senantiasa berupaya untuk menciptakan cara, metode dan strategi yang terbaik untuk memanfaat peluang dan kekuatannya serta untuk menghadapi berbagai  hambatan,  tantangan,  dan  masalah  guna merubah  atau memperbaiki kualitas hidup dan lingkungan masyarakat ke arah yang lebih maju, mandiri dan kuat.
  7. Sejahtera, merupakan    suatu   keadaan    yang   mencerminkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat telah terpenuhi secara berimbang yang ditunjang oleh stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

MISI PEMBANGUNAN DAERAH :

Pada masa pemerintahan baru Kabupaten Sumba Timur telah ditetapkan visi sebagai acauan untuk pelaksanaan pengembangan Daerah Kabupaten 5 (lima) tahun kedepan yaitu: “Terwujudnya  Masyarakat Sumba Timur Yang Makin Produktif, Responsif, Adil, Kreatif, Terpadu, Inovatif Dan Sejahtera (Praktis)”. Untuk mendukung tercapainya visi pembangunan daerah tersebut di butuhkan misi pembangunan sebagai acuan dalam penetapan kebijakan pembangunan Kabupaten Sumba Timur ke depan. Penetanpan misi Kabupaten Sumba Timur dilakukan dengan 2 (dua) tahap, yaitu: Tahap pertama adalah penyusunan rancangan misi yang belum final dan perlu dilakukan penyempurnaan. Sedangkan untuk tahap kedua adalah pemantapan rumusan misi dengan melakukan pembahasan misi melalui Focus Group Discussion (FGD) melibatkan kalang praktisi dan kalangan akademisi.  Rancangan misi yang di susun pada tahap awal terdiri dari 6 (enam) misi dengan jabaran sebagai berikut:

  1. Mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba Timur yang produktif dalam aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan dengan mengedepankan kehidupan pemerintahan yang demokratis,  pengembangan  sektor  pertanian  dan  pangan  lokal secara optimal, peningkatan perikanan dan kelautan secara efisien, mengembangkan ekonomi kreatif, teknologi tepat guna dan memanfaatkan semua potensi masyarakat dan daerah yang belum terkelola secara optimal.
  2. Mewujudkan sikap masyarakat yang mampu berpikir dan bertindak secara responsif dan “membumi” terhadap kekuatan, peluang, kekurangan dan hambatan yang dimiliki   yang dilakukan secara cepat,  tepat  dan  optimal  sehingga  mampu  meningkatkan  taraf hidup masyarakat.
  3. Mewujudkan rasa keadilan masyarakat dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, kesetaraan gender dan perlindungan anak,   sehingga masyarakat merasa terlayani, terlindungi dan terayomi hak dan kewajibannya dalam memanfaatkan pembangunan secara bertanggungjawab.
  4. Mewujudkan masyarakat Sumba Timur yang mampu bekerjasama secara  terpadu  baik  secara  internal  maupun  ekternal  sehingga proses pembangunan tetap terlaksana secara terencana, bertahap, komprehensif dan berkelanjutan yang didasarkan pada upaya-upaya  koordinatif,  integratif  dan  sinkronisatif  dengan menempatkan Sumba Timur pada posisi strategis di Pulau Sumba, regional NTT maupun Nasional.
  5. Mewujudkan masyarakat Sumba Timur yang mampu menciptakan sikap, cara, metode dan strategi baru atau mampu berinovasi secara baik  sehingga  lebih  produktif  dan  lebih ekonomis serta dapat mengembangkan ekonomi kreatif yang terbaik dalam membangun diri, keluarga, masyarakat   dan daerahnya menuju ke arah yang lebih maju, mandiri dan berdaya saing tinggi.
  6. Mewujudkan   kehidupan   ekonomi,   sosial   budaya   masyarakat Sumba Timur agar lebih sejahtera dengan mengedepankan nilai- nilai sosial keagamaan, penegakkan hukum dan HAM, kesetaraan gender, perlindungan anak serta demokratis dalam pembangunan daerah.