Mengapa penting memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini? Demikianlah satu pertanyaan yang mengawali sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-105 Tahun 2013. Jawabannya adalah dengan memahami sejarah, maka hal tersebut akan menanamkan etos perjuangan bagi generasi berikutnya. Yaitu perjuangan bangsa Indonesia ke depan untuk menjadi negara maju, modern, adil, dan sejahtera. Inilah cita-cita bersama yang mesti diwujudkan. Melalui peringatan Harkitnas ini, kita kenang kembali bagaimana semangat perjuangan The Founding Fathers kita, untuk diambil sebagai teladan bagi generasi muda. Mereka telah berjuang tanpa pamrih, penuh pengorbanan, kesabaran dan keberanian mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini.
Namun, lebih lanjut Menkominfo mengatakan bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum lagi berakhir. Perjuangan ini adalah abadi, untuk menuju Indonesia maju dan modern. Berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi serta bermartabat. Tantangan yang dihadapi pada abad ke-21 ini bukan lagi dalam bentuk penjajahan, tetapi berupa globalisasi. Akan diuji daya saing dan keunggulan bangsa ini ditengah-tengah ajang kompetisi antar bangsa. Kondisi di mana tapal batas antar-negara seolah pupus. Momentum Harkitnas ini harus mampu melecut kembali nilai kebersamaan sebagai bangsa dalam menghadapi globalisasi dengan menggelorakan rasa bangga dan Cinta Tanah Air. Generasi muda harus menjadi pejuang dan petarung yang tangguh bagi kejayaan bangsa. Menutup sambutannya, Menkominfo menyampaikan harapannya bahwa semoga dengan nilai-nilai Harkitnas mampu dirakit menjadi perahu kokoh untuk mendekatkan bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih modern dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Demikianlah sambutan Menkominfo RI yang dibacakan oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, MSi., sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-105 tingkat Kabupaten Sumba Timur pada Senin, 20 Mei 2013. Upacara yang diadakan di halaman depan kantor Bupati Sumba Timur berlangsung khidmat, lancar, aman dan tertib tersebut diikuti oleh pimpinan dan anggota DPRD Kab. Sumba Timur, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, pejabat sipil, TNI/POLRI, organisasi wanita, pimpinan perguruan tinggi bersama civitas akademika, kepala sekolah, jajaran guru-guru, segenap mahasiswa pelajar, serta tamu undangan lainnya.(syn)