Bupati Sumba Timur Drs Khristofel Praing, M.Si melantik sebanyak 14 orang eselon II bertempat di gedung aula Setda Kabupaten Sumba Timur. Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut: Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Wakapolres, para pimpinan OPD, Kejaksaan, Pengadilan Negeri Waingapu, dan Tokoh Agama.
Bupati Sumba Timur Drs Khistofel Praing, M.Si dalam sambutannya menjelaskan “Pengambilan sumpah dan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama saat ini tentu dalam rangka peningkatan kinerja organisasi, percepatan pembangunan dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat serta untuk memperluas pengalaman bagi Pejabat yang bersangkutan berdasarkan sistem merit. Selain itu, pengangkatan seseorang dalam sebuah jabatan seperti yang terjadi hari ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan pimpinan sekaligus sebagai kesempatan bagi yang bersangkutan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal, optimal dan berkualitas atas dasar potensi yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar kepercayaan ini perlu dipelihara melalui pelaksanaan tugas secara bertanggung jawab dan produktif.”
Lanjut Bupati Sumba Timur menegaskan menjadi seorang pemimpin terdapat 3 hal penting antara lain: Pertama, dari aspek kepemimpinan, seorang pemimpin hendaknya bisa menjadi teladan bagi yang dipimpinnya sehingga suasana kerja akan menjadi lebih kondusif. Kedua, Kemampuan managerial menghendaki pemimpin dapat berbagi peran dengan bawahannya agar seluruh tugas dan tanggungjawab yang diembannya dapat terlaksana dengan baik sesuai target yang ditetapkan. Dan yang ketiga, berkaitan dengan keterampilan teknis seorang pemimpin yang tentu akan mempengaruhi kebijakan yang diambil, untuk itu seorang pemimpin sangat dituntut untuk dapat selalu meningkatkan keterampilan teknisnya sesuai kebutuhan organisasi yang dipimpin.
Empat belas pejabat yang dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Nomor: BK&PSDMD,821,1,12/1,519/2021-D tertanggal 10 Desember 2021 tersebut adalah
1. YACOBUS YIWA, SH ( Kepala BAPEDA ).
2. UMBU MARAMBA MEMANG, S.Pt ( Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan & SDM ).
3. LU PELINDIMA, S.Sos (Asisten Administrasi Umum ).
4. MARAMBA MEHA, SH ( Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB ).
5. UMBU YEHU JAYA MEHA, SE ( Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ).
6. drh. YOHANIS A. PRAING, M.Si ( Kepala Dinas Peternakan ).
7. Ir. IDA BAGUS PUTU PUNIA ( Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan).
8. FRANKY RAMNGGAMBANI, SSTP. M.Si ( Asisten Perekonomian dan Pembangunan ).
9. YULIUS NGENJU, ST ( Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga ).
10. UMBU NGADU NDAMU, SH. M.Si ( Asisten Pemerintah dan Kesra ).
11. RAMBU LIKA AMBU, SE. Ak ( Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan ).
12. GOLLU WOLA, S. Pd ( Kepala Dinas Perhubungan ).
13. SYANE TAMU INA, ST. MT ( Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ).
14. MELKIANUS D. PATIMARA, SH ( Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ).