“Peranan pers sangat dibutuhkan dalam pembangunan bangsa secara umum dan pembangunan di Sumba Timur secara khusus, untuk itu maka dibutuhkan  pers yang berkualitas dan mampu menjalankan tugas jurnalistik dengan baik dan bertanggung jawab”.

Demikian dikatakan oleh Asisten  Pembangunan dan Ekonomi Sekda Kab. Sumba Timur, Gerard Haling Palekahelu, SH., ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Sumba Timur pada acara pembukaan Diklat Jurnalistik bagi wartawan media lokal di Kabupaten Sumba Timur.  Acara yang diselenggarakan tanggal 3 April 2013 di Aula DPRD Lama tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Drs. Yoseph  Siantari, Anggota Forkopimda, Para Pimpinan Dinas/Badan, sejumlah nara sumber baik dari pusat maupun daerah, dan peserta diklat dari berbagai media yang ada di Kabupaten Sumba Timur.
Dikatakan pula oleh Asisten Ekonomi dan Pembanguan bahwa, kwalitas sumber daya manusia  insan pers perlu terus ditingkatkan oleh masing-masing lembaga atau asosiasi pers itu sendiri dan Pemerintah Daerah sebagai mitra pers memandang perlu mendukung dan memfasilitasi terbentuknya mutu pers yang diharapkan melalui penyelenggaraan diklat jurnalistik. Diakhir sambutannya dihimbau kepada peserta agar memanfaatkan diklat  jurnalistik tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan berkaitan  dengan tugas jurnalistiknya.

Menurut panitia penyelenggara bahwa tujuan diselenggarakannya diklat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi wartawan, meningkatkan kualitas berita yang proporsional dengan data yang akurat, tepat dan benar serta meningkatkan kualitas media/pers baik dari aspek pemberitaan maupun aspek manajemen lembaga. Diklat diikuti oleh 50 orang dan berlangsung dari tanggal 3 s/d 6 April 2013.
(djo).