SP Humas, 27 September 2012

Bertempat di Gedung serba guna P4S (Pelatihan Pertanian dan Perdesaaan Swadaya) Bina Karya Swadaya pada tanggal 26 September 2012 di Kecamatan Lewa, Desa Waiwei, Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si membuka acara Temu Motivator (TM) VIII dan meresmikan penggunaan gedung Yayasan Sumba Sejahtera  P4S Bina Karya Swadaya.

 

Bupati Sumba Timur dalam sambutannya mengatakan mendukung berbagai program yang dilaksanakan oleh YSS dan Yakersum karena merupakan upaya untuk mewujudkan keberhasilan Pembangunan di Kabupaten Sumba Timur serta mendukung tumbuhnya sikap partisipatif dan tekad kemandirian untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Bupati juga berharap, tidak saja melalui dukungan dari pemerintah, masyarakat juga di himbau agar mempunyai kesadaran dari diri masing-masing dalam membangun keluarga yang sejahtera karena bantuan dan dukungan pemerintah hanya sebagai pendorong namun, yang berperan aktif adalah masyarakat itu sendiri. Program investasi hijau menjadi salah satu pendorong masyarakat dalam menjalankan program pemerintah kepada masyarakat melalui pengembangan Kebun Bibit Rakyat, Kebun Bibit Desa serta penghijauan lingkungan. Selain itu juga, masyarakat diharapkan agar dapat mengembangkan kegiatan Pola Hutan Rakyat yang berbasis pada ketahanan pangan dengan pohon berumbi berupa umbi-umbian, pohon berbuah seperti sirih dan pinang dan pohon ber-uang seperti asam dan kemiri.

 

Ketua Panitia, I Gusti Made Raspita dalam laporannya mengatakan bahwa masih banyak kekurangan dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh YSS dan Yakersum. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar pemerintah dapat saling bahu-membahu dalam mensukseskan program-program tersebut. Dilaporkan juga bahwa bangunan serba guna P4S tersebut merupakan satu-satunya di Sumba Timur yang sudah diprogramkan pada tahun 2010/2011 lalu, dan baru diresmikan pada 26 September 2012. Dengan ketersediaan kelengkapan gedung melalui bantuan Puslatan (Pusat Pelatihan Pertanian) SDM Pertanian Pusat berupa kursi 30 buah, 1 meja biro beserta kursinya, 1 buah laptop, 1 buah OHP, 1 unit mesin pencacah pupuk organik, dan mesin jahit karung. Untuk itu, yayasan telah dapat melaksanakan pelatihan sejak tanggal 25 September s/d 29 september 2012.

Acara pembukaan TM VIII dan Peresmian gedung tersebut di hadiri oleh pimpinan SKPD, Camat Lewa, para pengurus Yayasan Kristen Reformasi Sumba (Yakersum) dan Yayasan Sumba Sejahtera (YSS), Tokoh agama, tokoh masyarakat serta peserta Temu Motivator VIII. (dhi)

Demikian Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumba Timur.