Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si meresmikan penggunaan pasar Matawai sekaligus melantik pejabat struktural eselon IV, UPTD Pengelolaan Pasar pada Dinas Pendapatan Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumba Timur.

Acara yang berlangsung pada tanggal 22 Juni 2013 tersebut dengan mengambil lokasi bagian depan Pasar Matawai Waingapu dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Sumba Timur, drh. Palulu P. Ndima, MSi, Wakil Bupati Sumba Timur, dr. Matius Kitu Sp.B, Sekretaris Daerah, para asisten Sekda Kab. Sumba Timur, para pimpinan Dinas, tokoh masyarakat dan para pedagang yang yang akan menempati pasat tersebut. Bupati Sumba Timur mengatakan dalam sambutannya bahwa pembangunan pasar Matawai adalah bagian dari pembangunan fasilitas umum yang terus-menerus ditingkatkan oleh pemerintah bersama masyarakat. Namun pembangunan fisik bukanlah hal yang berdiri sendiri, maknanya baru akan utuh apabila telah terkait secara terpadu dengan maksud penggunaannya, yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga terletak pada fungsi dan tujuan pasar tersebut didirikan yaitu  meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peningkatan penyerapan tenaga kerja dan membuka kesempatan kerja. Selain itu kehadiran pasar inipun diharapkan akan menambah nilai ekonomis dari komoditi yang dihasilkan oleh petani, peternak dan nelayan yang ada di Sumba Timur.

 

 

Bupati juga menambahkan bahwa dengan terbentuknya UPTD Pengelolaan Pasar Matawai diharapkan menjadi embrio dari terbentuknya Perusahaan Daerah Pasar yang nantinya akan menangani pengelolaan pasar-pasar yang ada di Sumba Timur. Kedepan akan diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan pasar di Kel. Kambajawa (Km 4). Bupati juga berharap kepada para pedagang agar dapat meningkatkan kualitas dagangan dan pelayanan kepada para pembeli dengan baik, nyaman dan penuh keramahan serta dapat menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban serta kerapihannya, dengan memanfaatkan lokasi usaha ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, dihimbau kepada semua pihak baik sebagai pedagang, konsumen, maupun masyarakat umum lainnya agar dapat mematuhi semua peraturan yang ditetapkan dalam pemanfaatan pasar ini demi kenyamanan dan kepuasan semua pihak.

Sebelum peresmian Pasar, Bupati Sumba Timur melantik Yakobus Pekuwali S.Pi sebagai Kepala UPTD Pengelolaan Pasar dan Agustinus Haleku Nongu sebagai Kasubag Tata Usaha pada unit tersebut. Bupati berharap kepada para pejabat yang dilantik kepada saudara-saudara agar  berkerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan senantiasa mampu mengedepankan prinsip profesionalisme dalam melaksanakan tugas, karena sejatinya kemajuan pasar harus selalu menjadi prioritas utama selama menjalankan tugas. Diingatkan pula oleh Bupati, bahwa pasar tersebut berada ditengah kota Waingapu maka keberadaan pasar ini harus terus tertata rapi dengan menjaga kebersihan, penegakan zona sesuai peruntukkannya dan memastikan bahwa tidak ada fasilitas umum yang beralih fungsi, sehingga areal pasar lebih tertib serta memberi kepastian keamanan dan kenyamanan kepada para pedagang untuk berusaha maupun masyarakat yang berbelanja. Untuk itu diminta untuk terus membangun budaya komunikasi yang baik dengan berbagai stakeholder, terutama para pedagang yang ada di pasar tersebut.

Sebelumnya berkenan pula Ketua DPRD Sumba Timur, drh. Palulu P. Ndima M.Si memberikan sapaan yang antara lain mengatakan bahwa dengan adanya UPTD pengelolaan Pasar ini, akan memberikan tambahan pendapatan asli daerah bagi Sumba Timur untuk itu kedepannya jika memang dibutuhkan maka dapat dilakukan penambahan los pasar untuk menampung para pedagang. Diharapkan pula untuk adanya pemerataan pemanfaatan bagi masyarakat dan fasilitas tersebut dijaga kebersihan dan kenyamanannya.
Peresmian Pasar Matawai Waingpau ditandai dengan pengguntingan pita oleh ibu Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Timur, Ny. Rambu Kahi Yani Mbilijora, S.Pd. yang diteruskan peninjauan keliling oleh Bupati dan seluruh undangan.(djo)