“Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dengan segala kemampuan dan sesuai peraturan yang ada akan mendukung sekolah-sekolah yang ada termasuk yang dikelola swasta seperti YAPMAS, YAPNUSDA dan YAPPI, termasuk memenuhi berbagai kekurangan sarana dan prasarana yang ada sesuai skala prioritas”. Demikian  dikatakan oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si. ketika memberikan sambutan pada perayaan peringatan satu abad dan reuni Sekolah Dasar Masehi Payeti 2 yang berlangsung dihalaman sekolah tersebut pada tanggal 01 September 2014 yang dihadiri sejumlah pimpinan Dunas/Badan, para guru dan alumnus. Lebih lanjut dikatakan oleh Bupati bahwa dengan segala kondisi yang ada pemerintah akan terus mengelola dengan baik bidang pendidikan diantaranya dengan meningkatkan kualitas kelulusan karena jika sudah berkualitas tentunya angka kelulusan 100% akan tercapai.

.Sebelumnya Kepala sekolah SDM payeti 2, Esther P.H. Mbilijora, S.Pd. dalam sambutannya menyatakan bahwa SDM Payeti 2 sejak berdiri 1 Agustus 1914, terus berkembang dan mendapat kepercayaan dari masyarakat maupun pemerintah dengan meraih banyak prestasi serta turut berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa yang memberi dampak pada peningkatan kualitas pendidikan di Sumba Timur. Masih menurut Kepala sekolah, sesuai data buku induk tahun 1954 sampai dengan 2014 tercatat 4033 siswa telah menyelesaikan pendidikan di sekolah ini.

Ketua Panitia, Drs. S. Pandarangga dalam laporannya, mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk menjalin dan memupuk persaudaraan diantara alumnus serta merangkul para alumnus untuk ikut bertanggung jawab dalam memajukan sekolah ini.

Acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian dari murid-murid, alumnus dan guru-guru SDM Payeti 2 .