Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si pada tanggal 11 Juni 2013 membuka secara resmi rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 68 RI  tingkat kel. Kamalaputi. Acara yang mengambil tempat di kompleks Kantor Lurah Kamalaputi tersebut berlangsung meriah dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur, dr. Matius Kitu, Sp.B, pejabat yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Waingapu, sejumlah anggota DPRD Sumba Timur, Ketua TP PKK Kab. Sumba Timur, ibu Rambu Kahi Yani Mbilijora,S. Pd.

beserta anggota, Camat Kota Wangapu Welhemus Lamba AP, M.Si, tokoh masyarakat Kel. Kamalaputi dan para tamu undangan lainnya serta para peserta lomba.
Bupati Sumba Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa di Kelurahan Kamalaputi setiap tahun selalu diadakan kegiatan semacam ini. Ini sebagai bukti rasa nasionalisme kita oleh karena usaha  dan pengorbanan para pendahulu yakni para pahlawan bangsa sehingga penjajah bisa diusir dari negara kita. Untuk itu berbagai lomba yang diadakan di kelurahan ini dapat dicontoh dan diselenggarakan oleh kelurahan lainnya. Harapannya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, persaudaraan serta dapat menanamkan sikap sportivitas dan disiplin dalam setiap pertandingan bagi generasi muda kita.

 

Menurut ketua paniti, Nikolas Djara, S.Pd. bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan upaya menumbuhkan sikap nasionalisme dan mengisi kemerdekaan serta memupuk rasa cinta tanah air. Untuk itu maka perayaan HUT RI ke 68 merupakan wadah yang tepat untuk maksud tersebut sehingga pelaksanaannya dengan melibatkan seluruh warga kelurahan Kamalaputi yang terdiri dari 25 RT dan 10 RW. Kegiatan yang dilombakan meliputi lomba masak pangan lokal dan olah raga berbagai cabang untuk berbagai usia, baik yang mengarah pada prestasi ataupun sekedar hiburan saja seperti lari karung dan tarik tambang. Adapun sumber dana berasal dari sumbangan masyarakat kel. Kamalaputi, sumbangan pihak lain yang tidak mengikat dan hasil lelang masakan pangan lokal yang dilombakan.


Bupati dan Wakil Bupati serta sejumlah anggota DPRD Sumba Timur turut serta dalam lelang hasil pangan lokal olahan ibu-ibu dari Kel. Kamalaputi tersebut dan sebagai tanda dimulainya kegiatan lomba Bupati Sumba Timur melakukan service pertama pada pertandingan bola voli kategori dewasa.(djo)