ARTI LAMBANG DAERAH KABUPATEN SUMBA TIMUR


Lambang Daerah Kabupaten Sumba Timur berbentuk perisai bersisi lima yang mengandung arti sebagai berikut:
1.    Perisai berwarna merah putih melambangkan pandangan hidup dan perilaku yang luhur masyarakat Sumba Timur sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia.
2.    Taming berbentuk bola bumi berwarna biru terletak di tengah perisai, melambangkan ketahanan daerah dan masyarakat Sumba Timur.
3.    Tombak yang terletak miring membagi dua perisai adalah kelengkapan taming, yang melambangkan perjuangan rakyat Sumba Timur dalam mencapai cita-cita.
4.    Bintang yang letaknya lebih tinggi dari menara rumah, melambangkan keyakinan dan pengakuan terhadap keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
5.    Rumah adat yang ditopang tiang penyangga terletak ditengah-tengah perisai, melambangkan persatuan dan kesatuan yang utuh.
6.    Kuda jantan dalam posisi lari terletak ditengah-tengah perisai, melambangkan kekuatan dan keperkasaan masyarakat dalam mencapai cita-cita.
7.    Tiga belas butir padi, dua belas kelopak kapas dan angka 1958 terletak sejajar dengan lingkaran taming, melambangkan tanggal, bulan dan tahun terbentuknya daerah.
8.    Kata-kata Matawai Amahu Pada Njara Hamu yang terletak sejajar dengan lingkaran bawah bagian taming, melambangkan potensi dan sumber kemakmuran Sumba Timur.
9.    Kata-kata Sumba Timur yang terletak pada bagian atas perisai adalah sebutan nama Daerah.