SP Humas,  10 April 2013

“Aparatur yang baik bukan hanya berkualitas dan akuntabel tetapi mempunyai moral yang baik pula” demikian dikatakan oleh Wakil Bupati Sumba Timur, dr. Matius Kitu, Sp.B. saat menyinggung masalah moral aparatur penyelenggara negara. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati ketika membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Indikator Kinerja Kunci (IKK) dan Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Otonomi Daerah (EKPOD) bagi kasubag program pada lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. Acara tersebut berlangsung di Gedung DPRD Lama pada tanggal 9 April 2013, dihadiri oleh Plt. Sekda, Asisten Administrasi, Pimpinan SKPD, Para Nara Sumber dari BPKP Perwakilan NTT dan peserta Bimtek.

Lebih lanjut dikatakan Wakil Bupati, bahwa Bimtek ini adalah dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan yang baik atau Good Governance dan Pemerintahan yang bersih atau Clean Goverment. Pada tingkat Nasional fokusnya adalah reformasi birokrasi sedangkan untuk Kabupaten Sumba Timur fokus untuk peningkatan ekonomi Rumah Tangga. Beliau juga berharap bahwa semua laporan penyelenggaraan pemerintahan yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Timur adalah laporan yang benar-benar berkualitas serta penyampaiannya tepat waktu. Dimana kualitas penyusunan laporan dan ketepatan waktu penyusunan yang dilakukan oleh panitia dan Tim Perumus di tingkat kabupaten tentunya sangat bergantung pada laporan yang disampaikan oleh masing-masing SKPD. Untuk itu Wakil Bupati mengajak kepada seluruh peserta bimtek agar mengikuti kegiatan in dengan sungguh –sungguh.

Kabag Tata Pemerintahan Setda Kab. Sumba Timur, selaku panitia Bimtek mengatakan tujuan penyelenggaraan Bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas  Sumber Daya Manusia aparatur penyusun laporan penyelenggaraan pemerintahan sehingga laporan Penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sumba Timur dapat disusun dengan baik dan berkualitas.